BUMN Perkebunan Bangun Pabrik Gula Terbesar di Indonesia

BUMN Perkebunan Bangun Pabrik Gula Terbesar di Indonesia

Starinfo101.Com - Jakarta - Sebanyak tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perkebunan akan membangun pabrik gula senilai Rp 1,5 triliun di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pabrik gula tersebut akan menjadi pabrik gula terbesar di Indonesia.

Ketiga BUMN tersebut yakni PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PTP XI, dan PTPN XII. Adapun komposisi kepemilikan saham pada anak usaha patungan yakni PT Industri Gula Glenmore, yakni PTPN III sebesar 60 persen, PTPN XII sebesar 30 persen, dan PTPN XI sebesar 10 persen.

Direktur Utama PTPN XII, Irwan Basri menuturkan, pembangunan pabrik gula tersebut menelan investasi sebesar Rp 1,5 triliun, yang didanai oleh pemegang saham sebesar 30 persen, dan pinjaman perbankan sebesar 70 persen. Pembangunan pabrik gula ini, kata dia, akan dikerjakan oleh PT Rekayasa Industri dan ditargetkan rampung pada akhir Juni 2015.

"Kontraktornya telah ditetapkan PT Rekayasa Industri, pembangunannya akan selesai dalam 22 bulan dan ditargetkan rampung di akhir Juni 2015. Penyandang dana sendiri antara lain BRI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, dan Bank Jatim," ujar Irwan dalam penyerahan Surat penetapan Kontaktor Pelaksana Engineering Procurement, construction (EPC) PT Industri Gula Glenmore di Jakarta, Selasa (23/7).

Menurut Irwan, nantinya, pabrik ini akan berkapasitas 6.000 ton tebu per hari dan akan ditingkatkan menjadi 8.000 ton tebu per hari. Pada awal produksinya, diharapkan pabrik ini dapat memperoleh rendemen 9 persen sehingga diperoleh gula putih premium sebanyak 9.000 ton.

"Jumlah lahan yang dibutuhkan sekitar 9.000 ha. saa ini kami sudah punya 6.000 ha. Tapi 2015 kita akan capai 9.000 ha," ungkap dia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menuturkan, pabrik gula yang akan dibangun tersebut merupakan pabrik gula pertama yang dibangun oleh BUMN sejak 30 tahun lalu, dan akan menjadi pabrik gula terbesar di Indonesia. Bukan hanya menjadi pabrik gula terbesar, pabrik gula tersebut juga dibangun murni tanpa melibatkan asing.

"Ini didesain oleh orang Indonesia, kontraktornya Indonesia, pendanaannya juga. Bukan hanya pabrik pertama setelah 30 tahun BUMN tidak bangun pabrik gula, tapi juga pabrik gula terbesar di Indonesia," terang dia.

Penulis: NTI/RIN
Sumber:Investor Daily
 

------------
© 2016   STARINFO101.COM

Tag:




Terkait Berita Diatas